Ternyata Menulis itu Mudah



Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

Gelombang             : 30

Pertemuan               : 9

Angkatan                : 28

Tema                       : Menulis Itu Mudah

Hari / Tnggal          : Jum'at 03 November 2023

Narasumber            : Prof Dr Ngainun Naim

Moderator               : purbanisita Kusumaning Sedya,S.Pd



Assalamualaikum Wr Wb.

Alhamdulillah langit begitu indah di saksikan kerlipan bintang dimalam hari ini , kita kembali bersua dalam Kelas belajar Menulis Nusantara gelombang 30, Dengan moderator Ibu Purbaniasita Kusumaningsedyo, S.Pd. dan Narasumber Bapak Prof. Dr. Ngainun Naim, M.H.I.

Menurut Narasumber, menulis itu mudah. Bagaimana tipsnya agar  mudah dalam menulis?

Optimis. Optimis inilah yang akan mengantarkan aktivitas menulis itu menjadi mudah. Optimis untuk mengubah kesulitan menjadi tantangan. Tantangan bukan untuk dihindari tetapi ditundukkan. Sehingga jika tidak bisa optimis tentu tidak akan mudah untuk bisa menulis.

Mulailah menulis hal-hal sederhana. Misalnya, menulis pengalaman atau kegiatan kita sehari-hari. Contoh tulisan sederhana yang narasumber tulis di blog nya beliau yang berjudul Silaturrohmi dan Kepekaan. Intip yuk di blog beliau: https://ngainun-naim.blogspot.com/2023/04/silaturrahim-dan-kepekaan.html

Menulis tentang perjalanan yang sedang kita lakukan. Menulis tentang perjalanan ini tentulah tidak harus jauh. Bisa juga perjalanan yang dekat sehari-hari kita berangkat ke sekolah, itu juga bisa kita tulis. Contoh tulisan perjalanan beliau di blog nya  https://www.spirit-literasi.id/2022/11/strategi-menulis-tentang-perjalanan.html

Menulis tentang catatan sederhana tentang mencari sarapan. Wah menarik juga yah, jika perjuangan mencari sarapan saja bisa kita tuangkan dalam tulisan. Sebagaimana tulisan sederhana yang beliau tulis di blog nya https://www.spirit-literasi.id/2022/11/strategi-menulis-tentang-perjalanan.html

Menulis dengan target sederhana yaitu satu hari lima paragraf. Jika dilakukan dengan konsisten hasilnya sungguh luar biasa. Lima paragraph setara dengan setengah halaman. Jika dilakukan dalam waktu tiga puluh hari maka kita sudah mendapatkan lima belas halaman. Dan dalam waktu dua ratus hari setara dengan seratus halaman. Itu Berarti dalam setahun kita dapat menulis dua buku.

Rajin mencari sumber inspirasi menulis. Dengan sering melihat blog orang lain, dan membaca tulisan orang lain di dalam blog itu bisa memunculkan ide-ide untuk menulis. Jangan pasif atau menunggu ide datang. Ide itu harus dicari. Kalau kita hanya diam, mana bisa dapat ide-ide untuk menulis.

Banyak membaca. Semakin banyak membaca membuat stok pengetahuan untuk ditulis semakin banyak. Berarti ide demi ide juga akan semakin mudah untuk ditemukan. Baca blog beliau tentang manfaat literasi  https://www.spirit-literasi.id/2023/02/ide-dan-membaca.html

Meluangkan waktu untuk menulis. Jangan menunggu waktu luang untuk menulis. Karena pasti selalu saja akan ada alasan untuk tidak menulis. Sehingga perlu berjuang untuk meluangkan waktu untuk menulis.

Menulis tanpa beban. Menulis tanpa beban merupakan formula yang bisa dipilih agar menghasilkan tulisan secara lebih baik. Salah satu metode yang beliau ajarkan adalah menulis saja, titik. Ya, pokoknya menulis. Tumpahkan apa saja yang ada di kepala, tidak perlu takut, resah, kuatir, stress. Persoalan Psikologis semacam itu menjadikan proses menulis menjadi terhambat.

Kesimpulan dari hasil diskusi:

Gaya tulisan itu perlu diperkuat. Caranya dengan banyak membaca dan memperbaiki tulisan kita. Begitu seterusnya.

Menulis itu imbangannya ya membaca. Tulisan itu dibuat tentunya untuk dibaca. Semakin banyak yang membaca, semakin bagus dan menyenangkan. Bagaimana mungkin kita meminta orang untuk membaca tulisan yang kita buat, sedang kita sendiri tidak suka membaca. Analoginya “Menulis itu butuh amunisi. Jika tidak ada bensin maka tidak bisa jalan. Bensin di sini adalah membaca.”

Menulis itu harus ikhlas. Jangan karena ada embel-embel materi atau lainnya. Menulis ya menulis saja. Jika kita terus berkarya, pujian atau materi nanti akan mengikuti.

Menulis yang kita sukai itu penting dan memudahkan kita dalam menyelesaikan sebuah tulisan.

Sebagai seorang guru, maka usahakan menulis karya tulis ilmiah. Mungkin bisa berupa jurnal, artikel di koran. Dan bisa juga ditambah menulis cerpen, novel, puisi dan lain-lain.

Di atas adalah riview tips agar menulis menjadi mudah menurut Bapak Prof. Dr. Ngainun Naim, M.H.I. 

Alhamdulillah ternyata menulis itu mudah ya sobat, semoga dengan arahan dan bimbingan profesor kita semakin semangat lagi di dalam menulis.

Wassalamualaikum Wr Wb.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR SAMBIL REFRESHING BERSAMA AGP PGRI

MIE VIRAL

Menulis Setiap hari