BAGAIMANAKAH CARA MEMBUAT RESUME YANG BAIK ?

Kelas Belajar Menulis Nusantara
Resume ke          : 3
Gelombang         : 29
Angkatan            ; 28
Hari / Tanggal    : Jumat 23 Juni 2023
Waktu                 : 19.00 WIB
Narasumber        : Raliyanti, S.Sos, S.Kom, M.pd
Moderator           : Purbaniasita Kusumaning Sedyo ,S.Pd


  




                                                                             
               Alhamdulillah, malam ini sudah memasuki pertemuan ke 3 bersama narasumber ibu Raliyanti, S.Sos,S.Kom,M.Pd dan moderaor ibu Purbaniasita Kusumaning Sedyo,S.pd ,yang mengangkat tema "TEKNIK PENULISAN RESUME". Tak kenal maka tak sayang, tidak ada salahnya saya mengenal lebih dekat dengan ibu narasumber pada malam hari ini. Sosok energik, smart ini bernama Raliyanti yang lahir di Pontianak, 16 April 1975 hobinya membaca dan berbagi ilmu. Barokallah, ibu  seorang guru informatika di MAN 4 Jakarta, kepala perpustakaan  MAN Jakarta, ketua MGMP informatika MA Jakarta Selatan, tim solid Om Jay kelas belajar menulis Nusantara. Luar biasa sudah memiliki 2 buku solo, 25 buku antologi  Jurnal dan majalah. 
          Materi malam ini sangat seru dan menginspirasi saya, bahwa  menulis resume itu hanya menuliskan kembali intisari atau pokok informasi, dengan tidak menghilangkan detail atau bagian penting dari tulisan tersebut. Bagaimana dulu narasumber saling kejar kejaran, agar bisa berlomba mengumpulkan resume dengan cepat, tapi itu sangat susah saya lakukan , karena nyambi juga dengan tugas yang lain. Sedangkan resume itu sendiri adalah  ringkasan atau rangkuman dari sebuah karangan atau tulisan yang panjang. Dalam membuat resume yang baik harus memenuhi hal hal  sebagai berikut;
contoh
1. Harus ada judul materi dan nama narasumber
2. Buat secara singkat tema utama materi
3. Tulislah bagian penting dari materi yang sudah dipilih, untuk dituangkan dalam membuat resume.
Agar pembaca tidak bosan, maka membuat resume dengan paragraf yang pendek dan tulis pernyataaan narasumber dengan bahasa sendiri. Pada dasarnya dalam membuat  resume yang baik, dibutuhkan konsentrasi dalam menyimak paparan narasumber agar tulisan kita tidak monoton tapi menarik untuk dibaca dan  mengundang daya tarik tersendiri. 
                  Penulisan resume agar bisa dilakukan dengan baik dan cepat  adalah dengan menggunakan 2 perangkat  yaitu laptop dan WAG. Karakter dalam menulis juga penting supaya  tulisan kita mempunyai ciri khas tanpa plagiasi terhadap tulisan orang lain. Sebagai penulis pemula, terkadang rasa minder atau tidak percaya diri sering membuat saya menjadi down bila membaca tulisan orang lain yang sangat luar biasa. Tapi dengan mengikui KBMN ini semoga tulisan tulisan saya menjadi lebih baik lagi, dengan terus belajar dan tidak malu bertanya dengan para senior, serta menerima semua kritik yang membangun dengan lapang dada, demi mewujudkan cita cita menjadi seorang penulis yang handal. Terimakasih untuk Narasumber dan moderator yang dengan sabar membersamai kami.
Wassalamualaikum Wr Wb.

                                                                        



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR SAMBIL REFRESHING BERSAMA AGP PGRI

MIE VIRAL

Menulis Setiap hari