SERUNYA BELAJAR BERSAMA TENTANG BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIMALAM IDUL ADHA

Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI
Pertemuan ke     : 5
Gelombang        : 29
Angkatan           ; 28
Materi                : Blog sebagai media pembelajaran
Pemateri             : Dail Ma'ruf. M.Pd
Tanggal / hari     : Rabu,28 Juni 2023



 GG     


            Gema takbir berkumandang mengagungkan asma Alloh, Allohu akbar Allohu akbar Allohu akbar walillahilham, bersamaan dimulainya pertemuan ke 5 bersama Bpk Dail Ma'ruf. M.Pd dan moderator  ibu Helwiyah. S.Pd,M.M yang cantik, energik dan selalu ceria. Narasumber malam ini adalah pak Dail Ma'ruf. M.Pd, lahir di Serang,13 Mei 1977 dari pasangan Muhamad Nur dan Juhariyah, menempuh pendidikan MI dan MTS di Serang, melanjutkan di MAN 2 kota Serang lulus tahun 1996, kuliah S1 di IKIP Jakarta atau UNJ lulus tahun 2003 ,beliau menyelesaikan S2 di UNINDRA Jakarta tahun 2014. Pak Dail dan bu Ewi ternyata satu angkatan di KBMN gelombang 20. Malam hari ini mengangkat tema "BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN", Sebelum bergabung dengan KBMN, saya tidak paham apa itu blog? setelah berbincang dengan sahabat literasi dan tim sukses Om Jay barulah saya paham ,bahwa sebelum menuls kita harus punya BLOG pribadi dan malam ini akan dijelaskan secara gamblang oleh bapak Dail Ma'ruf. Dalam pemaparannya pak Dail menjelaskan tentang pengantar BLOG yaitu

                Hikmah pandemi telah merubah paradigma, tentang sistem pengajaran yang semula tatap muka, menjadi daring,awalnya bagi guru yang gaptek, yang tidak bisa mengoperasikan laptop atau hp merasa galau, tapi karena tuntutan akhirnya mereka mau belajar dan bisa menjalankan perannya dengan baik.Berkat pandemi, kita kenal media daring ZOOM dan lain sebagainya, sampai akhirnya sekarang sudah merasa terbiasa. Tak ada yang kebetulan di dunia ini, semua sudah Alloh atur dengan begitu indahnya. Di era digital ini, dimana semua bisa diakses di internet salah satunya adalah BLOG, sangat efektif kalau kita terapkan dalam pembelajaran,agar kualitas semakin baik. 
Ada 3 pertanyaan dari narasumber yang dilontarkan ditengah tengah pemaparan materi yaitu;
1. Apakah itu BLOG?
2. Bagaimana cara menjadikan Blog sebagai media pembelajaran alternatif di sekolah?
3. Apakah blog efektif sebagai media pembelajaran alternatif di sekolah?
Saya mencoba menjawab pertanyaan dari narasumber bahwa, pengertian blog adalah web log yang mempunyai keragaman informasi seperti foto, artikel atau catatan yang dikelola oleh satu atau beberapa blogger. Awalnya BLOG dikenalkan oleh Jhon Barger yang semula dimanfaatkan sebagai buku harian hingga akhirnya berkembang menjadi 12 jenis BLOG. 

        Cara menjadikan Blog sebagai media pembelajaran alternatif di sekolah, yaitu dengan mengenalkan BLOG kepada anak didik dan mengajarkan bagaimana cara membuat  blog, menulis atau mengerjakan tugas di blog mereka masing masing,ini bisa meringankan tugas guru di sekolah. Apabila sudah disosialisasikan tentang penggunaan BLOG saya rasa akan sangat efektif, apabila guru menerapkan pembelajaran tentang BLOG kepada siswa siswinya. Apabila langkah menjadikan blog sebagai media pembelajaran, maka semua kegiatan di sekolah bisa diakses oleh orang tua, guru bahkan bisa menjangkau masyarakat luas. Apa yang sudah disampaikan pak Dail sangat menarik bersama moderator yang juga hebat,  sehingga kelas menjadi hidup dan riuh oleh aplaus yang gemuruh dari para anggota KBMN gelombang 29 yang sangat antusias, menyimak paparan dari narasumber. Terimakasih pak Dail dan bu Ewi, salam literasi.

 

                .
                



 .
                
                    














 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR SAMBIL REFRESHING BERSAMA AGP PGRI

MIE VIRAL

Menulis Setiap hari