BELAJAR SAMBIL REFRESHING BERSAMA AGP PGRI

Perjalanan menuju puncak Bogor dari Tangerang  dengan transportasi umum kereta api yang penuh sesak ,sampai harus tiga kali transit dilanjutkan dengan dua kali naik angkot tidak menyulutkan semangat kami ( Saya, bu Kartini dan bu Evi ) untk mengikuti pelatihan menulis dengan tema "WRITING CAMP" yang diadakan di puncak Bogor. Perjalanan yang sungguh luar biasa, setelah empat jam sampailah kita di Villa Neng Dian yang asri, sejuk dan fasilitas yang lengkap membuat betah dan seakan ingin berlama lama menikmati indahnya pemandangan alam puncak Bogor. Kami disambut dengan ramah oleh pak Catur dan bu Meynia sebagai penyelenggara acara yang juga merupakan narasumber yang selalu memotivasi kami untuk terus berlatih menulis.

Sejenak kami melepaskan lelah setelah menikmati perjalanan panjang yang mengasyikan,ternyata Bu Meynia dan mami Indah sudah menyiapkan makanan yang lezat yaitu  tutug oncom dan sambel kecombrang yang sangat lezat. Ini  pengalaman pertama saya makan tutug oncom dan saya pun langsung jatuh cinta. Sore harinya tibalah untuk menerima materi dari pak Eka Wardana dengan materi yang luar biasa yaiu tentang "FREE WRITING", tulislah apa saja yang dalam pikiranmu saat ini,menulis jangan menunggu ide muncul, tapi menulislah nanti idepun akan muncul, yang penting langkah awal dan konsisten. Sungguh perjalanan panjang rasanya terbalaskan dengan banyaknya materi yang membuat kita  bisa menulis dengan lebih baik lagi, Terimakasih pak Eka untuk ilmunya hari ini.

Materi  selanjutnya oleh bapak catur seorang pengurus PB PGRI dan juga kepala sekolah yang sudah tidak diragukan lagi kepiawaiannya ,seorang pemateri yang luar biasa. Tulisan tulisannya yang sangat berbobot kerap menghiasi koran kompas dan majalah suara guru. Beliau kali ini memberi pelatihan tentang menulis artikel yang baik dan bisa menembus  koran  kompas. Semoga saja ilmu yang sudah bapak tularkan kepada kami bermanfaat, dan kami bisa mengikuti jejak baik bapak menjadi seorang penulis opini yang keren. Perhatikan dan cermati hal hal berikit agar tulisan menjadi lebih baik lagi.

1.Kecermatan pemakaian tanda baca

2.Ketepatan pilihan kata

3.Kesesuaian hubungan sintaksis

4.Kejelasan logika penalaran

5.Keberanian menciptakan majas,idiom,metafora,analogi dan gaya bahasa lainnya yang lebih segar untuk menghindari bentuk klise.

Pagi ini, Sabtu tanggal 30 September 2023 pukul 06,00 akan menjadi cerita indah bagi kami asosiasi guru penulis PGRI saat berjalan santai menuju Curug Cilember yang sangat indah alamnya masih sangat asri ,jauh dari kebisingan dan polusi udara,berjalan kurang lebih sekitar satu kita melewati tanjakan demi anjakan ,berolahraga pagi sambil tadabur alam ,begitu indahnya Alloh ciptakan alam semesta ini.

Waktu dua hari rasanya tidak cukup untuk menimba ilmu dari para narasumbar yang kompeten dibidang menulis ,kami ingin terus belajar ,agar bisa menjadi penulis yang baik. Materi yang ke tiga akan disampaikan oleh ratu fiksi yang cantik yaitu ibu Meynia yang sudah tidak diragukan lagi dalam hal menulis fiksi. Pada kesempatan hari ini akan mengangkat tema tentang Bagian bagian buku, yaitu :
  • Cover
  • Kata pengantar
  • Prakata
  • Daftar isi
  • Profil penulis
  • Sinopsis
        Materi yang sangat luar biasa ,kamipun segera mengerjakan tugas membuart sinopsis ,yang ternyata hal tersebut tidak sesulit yang kami bayangkan. Terimakasih bapak dan ibu narasumber yang luar biasa, dan para peserta "WRITING CAMP AGP PGRI", semoga di hari mendatang kia di pertemukan kembali dalam latihan menulis agar tali silaturahim kita tetap terjalin selamanya,semoga senantiasa sehat dan Alloh berkahi hidup kita Aamiin, see u.