Motivasi Menulis Hingga Bisa Menerbitkan Buku

Resume Kelas Belajar Menulis Nusantara ( KBMN )
Gelombang             :  30
Pertemuan               :  20
Angkatan                 :  28
Hari / Tanggal          :  Rabu, 29 November 2023
Narasumber              :  Dail Ma'ruf, M.Pd
Moderator                 :  Sim Chung Wei, SP






Assalamualaikum Wr.Wb.

Alhamdulillah malam ini sudah masuk pertemuan ke 20 , sungguh begitu cepat waktu berlalu dan semoga  digelombang 30 ini saya bisa lulus Aamiin.
Materi dipertemuan ke 20 awalnya akan disampaikan oleh Bapak Agus Subardana, SE, M.M dengan materi Pemasaran dan Teknik Promosi Buku , tapi karena Bapak Agus Subardana berhalangan hadir maka, materi malam ini digantikan oleh Bapak Dail Ma' ruf yang sangat luar biasa walaupun mendadak beliau langsung siap menyampaikan materi dengan sangat lancar dan penuh motivasi bagi kami di gelombang ke 30 ini.

Malam ini materinya tentang Motivasi Menulis , dengan narasumber sosok yang sudah tidak asing lagi . beliau adalah Bapak Dail Ma' ruf, M.Pd seorang yang sangat luar biasa kiprahnya di dalam menulis, jam terbangnya yang sudah sangat banyak dan juga karya karyanya yang luar biasa , semoga saya bisa mengikuti jejak beliau.
Moderator malam ini juga tidak kalah hebatnya , beliau adalah orang yang sangat piawai dalam merangkai kata kata menjadi puisi yang sangat indah , Beliau bernama Sim Chung Wei atau biasa di panggil dengan sebutan koko Sim  yang lulus dari gelombang 26.
Sebelum memulai acara seperti biasa moderator membuka acara menjadi 4 sesi yaitu 
1. Pembukaan dan perkenalan
2. Pemaparan materi
3. Sesi Tanya Jawab
4. Penutup.

Pada pembahasan malam ini yaitu tentang Motivasi Menulis dan Menerbikan Buku sangat sesuai dan harus kita simak materinya penuh hidmat agar kita bisa mengikuti para angkatan angkatan sebelumnya , agar mempunyai karya sebagai syarat bisa lulus di KBMN ini.
Bila kita ingin maju maka menulis merupakan salah satu jalan yang harus di tekuni dan merupakan suatu pilihan., karena tulisanlah yang akan mendukung terbentuknya sebuah peradaban.
Manusia masuk pada fase SEJARAH yaitu dimulainya sejak ditemukan  tulisan. kalau ingin masuk dalam lingkaran peradaban maka mulailah menulis , dan mulai dari sekarang jangan menunggu nanti. Lakukanlah terus dan menulislah sepanjang hayat. " Aku Menulis Maka Aku Ada dan Aku Abadi Selamanya".

Ada lima  yang Memotivasi dalam menulis Menurut Bapak Dail Ma.' ruf, M.Pd  Yaitu :
Pertama. Karena dalam Islam Allah menurunkan wahyu yang pertama yaitu Iqra " Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang telah menciptakan manusia dari segumpal darah, bacalah dan Tuhanmu maha mulia, yang mengajarkan manusia dengan perantaraan qalam ( tulisan ).jadi jelaslah bahwa Allah memerintahkan hambanya untuk membaca dan menulis.

Kedua dari berbagai literatur kita faham, bahwa buku adalah gudang ilmu dan membaca adalah pintunya, maka agar kita banyak ilmu maka harus rajin membaca, agar menjadi lebih kuat daya ingatnya maka yang kita baca harus kita tuliskan intisarinya,  Menulislah agar kau akan dikenal dunia, dan membacalah maka kau akan mengenal dunia..

Ketiga membiasakan dari dini menulis resume atau rangkuman rangkuman dengan bahasa sendiri dari materi yang didapatkan saat di bangku sekolah seperti yang dilakukan oleh narasumber kita , sehingga kebiasaan kebiasaan baik itu bermanfaat dan memudahkan jalan saat menyelesaikan skripsi dan tesis dengan mulus.

Keempat menulislah setiap hari maka akan ada keajaiban keajaiban yang yang akan terjadi , seperti yang dilakukan oleh founder kita Om Jay yang selalu menulis setiap hari apapun yang terjadi dan dialami oleh beliau. Hal ini yang terkadang masih sangat sulit saya lakukan.

Kelima menulis menjadikan saya banyak pahala dan InshaAllah pahala jariyahnya akan terus mengalir, apabila tulisan tulisan kita bisa memotivasi para pembaca dan menuliskan sesuatu hal yang bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari hari.


Selanjutnya tentang menerbitkan buku , bagaimanakah dan mengapa kita harus menerbikan buku ? ada  tiga alasan mengapa kita harus menerbitkan buku yaitu :
Pertama karena buku adalah mahkota bagi seorang penulis artinya kita sudah bisa disejajarkan dengan ilmuan yang sudah mempunyai karya buku.

Kedua hanya dengan buku maka nama kita akan tetap abadi walaupun kita sudah tidak ada , kelak nama kita tetap dikenang dan karya kita akan  tetap bisa di baca oleh siapapun.

Ketiga dengan buku kita juga akan dapat rezeki tambahan , Alhamdulillah saya juga sering di undang unuk menjadi narasumber  pelatihan menulis dalam kegiatan kegiatan sekolah , tidak dipungkiri nama kita juga cukup dikenal sebagai penggiat literasi yang ingin berjuang mewujudkan keinginan agar literasi tetap berkembang dan bisa menjadi motivator bagi teman teman yang ingin belajar menulis.
Tetaplah semangat menulis, dan jadikan setiap pertemuan sebagai latihan untuk mengembangkan tulisa dalam rangkah melatih konsentrasi menulis. Kami merasa sangat beruntung bisa bergabung di komunitas KBMN yang mempunyai Tim Solid yang sangat luar biasa, mereka tanpa pamrih menjadi mentor bagi kami dan selalu memotivasi para penulis pemula yang ingin tekun belajar menulis dan kami dibimbing sampai bisa menerbitkan buku.
Dari sekian banyak komunitas yang saya ikuti , hanya KBMN asuhan Om Jay yang tim nya benar benar solid dan bekerja secara Lillah , Kiranya Alloh yang akan membalas semua kabaikan OM jay, Tim Solid dan para Narasumber yang tak bosan mengamalkan ilmunya , mentransfer ilmunya kepada kami.
Brakallohu fiikum.
Wassalamualaikum Wr. Wb         
 





 

Komentar

  1. Siiip
    Semoga selain termotivasi untuk terus menulis

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah...Lanjutkan bu sampai lulus KBMN 30.Semangat.🤩

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR SAMBIL REFRESHING BERSAMA AGP PGRI

MIE VIRAL

Menulis Setiap hari