Menulis Biografi dengan Mudah

 

       KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA

       Hari / Tanggal                   : 18 Desember 2023.       

       Gelombang                        :  30

       Pertemuan                          : 28

       Tema                                  :  Menulis Biografi

       Narasumber                        :  Leli Suryani, S.Pd

        Moderator                         : Ralliyanti

        Angkatan                           : 28


Assalamualaikum Wr Wb

Dunia mengenalimu dari tulisan tentang siapa kamu, Imam Ghazali pernah berkata, "Kalau kamu bukan anak raja dan bukan anak ulama besar, maka menulislah".

Apakah kita pernah terinspirasi dengan tokoh dunia, Nelson Mandela, Thomas Alfa Edison, atau Mahatma Gandhi., Atau tokoh nasional legendaris Soekarno -Hatta, Kartini atau BJ Habibie.

Apakah mereka termasuk salah satu tokoh yang menginspirasi dan menggerakkkan kita untuk berani melangkah dan menggoncang dunia.

Kehebatan mereka dapat kita telusuri dari buku biografi , Apa itu biografi?

Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Bagaimana cara menulisnya? Tentu saja dibutuhkan wawancara, dan data yang akurat untuk menuliskannya.

Bagaimana teknik yang mudah untuk menulis? Susah, tidak yaa? Jangan biarkan tanya mengambang di udara.

Yuk kita temukan jawabannya hanya di kelas KBMN malam , Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat wal'afiat, diberikan kemudahan dan dilancarkan urusan kita agar bisa menginspirasi dengan berbagi ilmu yang bermanfaat.. Aamiin  Alhamdulillah  hari ini kita memasuki pertemuan ke-28.

Menuju 2 kali pertemuan lagi utk berakhirnya KBMN gel 30...Semoga semuanya masih tetap semangat utk belajar.

Marilah kita buka kegiatan malam ini dengan sejenak menundukkan kepala, bermunajat, agar ilmu yang didapat malam hari ini bermanfaat dan berkah utk kita semua.

 Adapun agenda kegiatan malam ini:

1. Pembukaan

2. Paparan Materi

3. Tanya Jawab

4. Penutup

Bapak ibu hebat yg luar biasa,  malam ini, saya Raliyanti kembali hadir menemani bapak ibu utk belajar menulis bersama narasumber yg juga luar biasa,  Semoga dengan materi yang didapat dimalam hari ini, bapak ibu yang belum punya buku nanti dapat segera menyusul, bisa punya buku karya sendiri. Raliyanti Kopdar: Dan mungkin di grup ini juga sudah ada yang punya, semoga tetap terus berkarya dan jangan berhenti begitu saja.

 Apalagi materi malam ini sangat menarik.. dan bapak ibu tentunya bisa belajar bagaimana cara menulis, yaitu tentang MENULIS BIOGRAFI,  narasumber kita malam hari ini adalah ibu Lely Suryani, S.Pd.SD,  Beliau juga salah satu dr tim solid, seorang editor di melintas.id, penulis buku biografi omjay..

Beliau akan berbagi pengalaman dan  ilmu kepada bapak ibu ttg bagaimana menulis buku biografi.

Selanjutnya pemaparan akan disampaikan oleh narasumber.

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

Selamat malam semuanya

Ibu bapak Sahabat Literasi dari seluruh Indonesi

Yang Terhormat OmDokJay 

Yang Terhormat Para Guru KBMN

Yang Berbahagia para Aktifis Literasi KBMN 30

Alhamdulillah pada malam hari ini saya bangga sekali dan juga  bahagia karena ditemani oleh Senior Tim Solid dan Senior KBMN tentunya, Bunda Ralianti.

Puji syukur pada pertemuan malam ini saya diberi mandat untuk berbagi pengalaman terutama dalam materi MENULIS BIOGRAFI

Sebenarnya, pengalaman saya dalam MENULIS BIOGRAFI ini bukan semata-mata dari kemampuan pribadi, namun ada dorongan kuat dari orang-orang hebat  di dunia literasi yang mengelilingi saya

Yang utama dari Om Jay,Kemudian ada Bunda Kanjeng,Kakek Guru, Bunda Ralli bagaian Lay out, TSO dan Keluarga Besar KBMN. Pengalaman saya dalam MENULIS BIOGRAFI dapat berhasil karena ada lampu hijau dari Om Jay dan keluarga besarnya serta dukungan dari semua pihak. Nah karena di sini,  di KBMN,  yang ditekankan adalah belajar menulis, dan belajar menulis tidak lepas dari kecerdasan literasi.

Perhatikan saja guru kita OM Jay, Beliau pandai menulis karena cerdas berliterasi, Makanya tulisan-tulisan beliau selalu OKE..dan pembacanya ratusan ribu.

Malam ini kita ada beberapa tantangan berliterasi secara cerdas., Harus semangat semuanya.

Seperti yang bunda Rali sampaikan tadi bahwa saya termasuk editor pada MELINTAS.ID, platform Media digital yang lahir karena pemikiran cerdas para lulusan KBMN,  Maka dari itu, saya punya kewajiban untuk memperkenalkan, menyebarluaskan dan mengembangkan MELINTAS.ID

 Tantangan pertama:

1. Masuk Chrom

2. Ketik MELINTAS.ID

3. Klik rubrik Literasi

4. Ketik Biografi

5. Cari tulisan dengan gambar cover buku 50 Tahun Lebih Dekat dengan Om Jay

6. Baca

7. Cari kalimat yang menjelaskan apa itu biografi.

8.  salin

9. Copas ke grup KBMN 30

silakan bapak ibu, ikuti tantangan pertama bagaimana para sahabat? Sudah ketemukah tulisan yang dimaksud Buku Biografi Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd. dengan Judul 50 Tahun Lebih Dekat dengan Om Jay  karya Lely Suryani.

 Judul: 50 Tahun Lebih Dekat dengan Om Jay

Penulis: Lely Suryani, S.Pd.SD

Editor: Sri Sugiastuti

Desain Sampul: Ralianti

Jumlah Halaman: 176 halaman

Nomor QR CBN: 62-134-1718-504

Tahun Terbit: 2022

Penerbit: Oase Pustaka (Oase Group Publishing)

Sinopsis buku terbitan Oase Pustaka sebagaimana tertera pada buku sebagai berikut. 

 Di Jakarta Ada Lelaki yang Bisa Bantu Kita Hasilkan Banyak Uang

Lima puluh tahun perjalanan hidup manusia, walau ibarat sekejap mata, namun banyak cita rasa penuh makna. Bukan mimpi belaka, namun nyata adanya, dan berkibar di dunia yang fana  dan layak sebagai bekal menuju nirwana. Pencapaian kebermaknaan hidup  yang menjulang, pasti banyak halang dan rintang yang menghadang. Hanya  dengan kekuatan jiwa yang terpatri di dalam raga, sikap yang selalu bijaksana, kepiawaian dalam bertutur sapa, serta dasar agama yang utama, membuat semua bersahaja sesuai norma manusia di dalam rengkuhan Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan kesahajaan yang terlihat tak kasat mata, keramahan yang selalu terpancar dari jiwa, suka menolong dan berbagi adalah wujud nyata, mengemban amanah surga yang jauh dari nuansa kesombongan manusia, menjadikan sosok Om Jay yang selalu dipuja, baik oleh sahabat di dunia nyata maupun di dunia maya. Ini membuktikan bahwa Om Jay sosok ternama yang jauh dari dosa, Bagian kedua, pembaca bisa mengenal lebih detail tentang sosok Om Jay karena pada bagian kedua ini, ditulis biodata lengkap Om Jay. Jadi, bagian kedua ini juga dapat diketahui segala aktivitas dan peran Om J

Di bawah resensi buku tersebut..

Baru materi tentang menulis biografi....

Yang diakhiri dengan kata tokcer

Di dalam buku ini, walau tak memuat seluruh perjalanan Om Jay, penulis berharap dapat menjadikan para sahabat, teman, dan handai tolan, akan merasa lebih dekat dengan Om Jay. Sosok Inspiratif yang membumikan literasi dengan slogannya “menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi”

Tetap semangat bapak ibu santai tapi harus ketemu, karena materi MENULIS BIOGRAFI ada di sana.. Melintas.id - Biografi berasal dari Bahasa Yunani, bios yang berarti hidup dan grafien yang berarti menulis. Biografi terjadi dari dua kata yaitu bio yang artinya hidup dan graf yang berarti tulisan. Apakah arti biografi jadi tulisan hidup? Menulis Buku Biografi Secara Efektif, Mudah dan Cepat, Ikuti Saja Aturan Mainnya Dijamin Tokcer.Melintas.id - Biografi berasal dari Bahasa Yunani, bios yang berarti hidup dan grafien yang berarti menulis. Biografi terjadi dari dua kata yaitu bio yang artinya hidup dan graf yang berarti tulisan. Apakah arti biografi jadi tulisan hidup?

Arti dari biografi adalah tulisan tentang kehidupan. Menurut WJ.S. Poerwadarminta dalam buku Kamus Umum Bahasa Indonesia, biografi berarti riwayat hidup, sedangkan menurut KBBI daring  bahwa biografi adalah tulisan tentang seseorang yang ditulis oleh orang lain

Mengapa biografi harus ditulis oleh orang lain? Karena jika riwayat hidup seseorang ditulis oleh dirinya sendiri, itu yang dinamakan dengan autobiografi. 

Jadi, jelas 'kan? Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain, sedangkan autobiografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis sendiri oleh orang yang bersangkutan. Penulisnya jelas mengalami perjalanan hidup yang ditulisnya

Selanjutnya sesi pertanyaan dari bapak   Suhaimi Pancoran Jaksel

1. Apa dan bagaimana konsep dan teknik dalam menulis biografi

2. Apa yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa biografi itu akurat dan subyektif?

 Jawaban:

1. Silahkan dibaca sampai tuntas di sini.

https://www.melintas.id/literasi/342754863/menulis-buku-biografi-secara-efektif-mudah-dan-cepat-ikuti-saja-aturan-mainnya-dijamin-tokcer

2. Penulis biografi dalam mengumpulkan materi, tidak hanya dari tokohnya saja, namun juga dari orang-orang di sekelilingnya.

Maka harus bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang mempengaruhi hidup sang toko

ACHIENK, Tebet

Bunda Lely, bagaimana kiat2 menulis biografi orang yg terkenal dan atur jadwalnya? Karena mengingat waktu beliau yg super sibuk

Dan bagaimana cara menulis biografi yg ciamik sehingga banyak orang tertarik untuk membacanya 

Terimakasih

 Terimakasih mba ACHIENG..

Selamat malam..

Jika akan menulis biografi orang terkenal.. tentu harus komunikasi intensif.. dan harus SABAR MENUNGGU kapan beliaunya ada waktu..

Demikian juga kepada orang yang menjadi rujukan.. selain terus jalin komunikasi, juga SABAR menunggu beliau sempat, Nah biasanya kan ada janjian waktu nih..

Orang-orang terkenal karena terlalu sibuk.. kita yang mengingatkan dengan cara halus mengenai janji kita., Karena ini BIOGRAFI dan itu Fakta, bukan Fiksi maka alur ceritanya mengalir sesuai aslinya..

Berbeda jika ada perjanjian Biografi dibumbui fiksi..  mungkin ada penyedap dan bumbu lain..

P3

mohon ijin perkenalan, saya endang dari kaltim.. mohon ijin bertanya bu .. Apakah ada tantangan khusus dalam menciptakan narasi yang menarik dalam sebuah biografi? Bagaimana cara  menghadapinya? terima kasih.

Terimakasih bu Endang di Kaltim...

Oh.. boleh banget.. dibuat narasi-narasi yang menarik..

Nah agar bisa membuat narasi-narasi cantik dan menarik.. memang butuh waktu untuk mengasah kemampuan agar bisa menata kata dan kalimat menjadi menarik..

P 4 , Taufan Pemalang

Dalam menulis buku Biografi, selain menulis tokoh apakah ada yg lain yg bisa digunakan sbg narsum. kemudian apakah boleh kita menulis buku seseorang hanya bersumber pd media digital saja?Terimakasih pak Taufan Pemalang.

Iya  harus ada,  karena kita korek riwayat sang tokoh dari berbagai sisi, bisa dari pihak keluarga, teman dekat atau orang yang turut mempengaruhi hidup sang tokoh.

Kemudian apakah boleh hanya bersumber dari media digital? Sebaiknya jangan hanya memakai sumber dari media digital saja, karena ini menyangkut nama baik seseorang.

Di sini tata krama tetap dinomorsatukan., Mulai dari minta ijin.. dan seterusnya..

 P5

Suhaimi Pancoran Jaksel

Apa saja yang menjadi rujukan dalam penulisan biografi

Dalam menulis Biografi.. banyak rujukan yang bisa dipakai, Selain sang tokoh sendiri, juga dari pihak keluarga, teman dekat, dan sosial medianya..

Semua itu akan saling melengkapi.


P6 Nur Hidayati - Kota Tegal

Untuk Menulis Biografi hal-hal apa yang harus dihindari.,banyak membaca buku-buku biografi..Terimakasih mbak dari  Nur Hidayati Tegal..

Begini mbak.

Kita menulis karena melihat sang tokoh mempunyai kelebihan-kelebihan, Namun tak dipungkiri, ada kelebihan pasti ada kekurangannya

Jadi, yang penting untuk dihindari dalam menulis biografi adalah menuliskan kekurangan-kekurangan tokoh, apalagi yang merupakan aibnya..

Apalagi dalam ajaran Islam juga dperintahkan untuk menutup aib orang lain

Dlm penulisan biografi ada istilah sumber primer dan sekunder? Apa yaa maksudnya?

Setelah di sini kita berteori menulis biografi.

Pasti butuh praktiknya seperti apa...

Perbedaan sumber primer dan sekunder..

Sumber primer itu adalah sesuatu yang berkenaan langsung dengan peristiwanya..

Sedangkan sumber sekunder.. kita mendapatkan suatu peristiwa dari sumber yang tidak berkenaan langsung.

 P8 Nur Hidayati 

Biografi itu jika sudah ada yg menulis apakah masih etis untuk menulis lagi ? apakah dengan versi yang berbeda ? (sudut pandangnya).

Terimakasih bu Nurhayati lagi dari Tegal..

Menulis Biografi yang sudah ditulis oleh orang lain, itu boleh-boleh saja...

Karena antara penulis satu dan lainnya, pasti punya gaya penulisan yang berbeda, dan berbeda pula pembahasan yang disajikan, atau bisa saja antar penulis juga beda sumbernya. Hal ini akan menghasilkan biografi yang sama namun beda versi..

 P9 Selamat malam

Saya Wiwin - Kediri selama ini saya mengenal menulis biografi itu bukan dalam sebuah buku ttp masih tahap profil tokoh

Dan ketika menulis profil itu isinya hy ttg identitas tokoh dan keunggulan ato kelebihannya

Yg saya tanyakan  bagaimanakah sebenarnya apa itu ttg profil dan dgn itu biografi itu adakah perbedaannya ?  Ruang lingkup yg di bahas itu adakah , Persamaan dan perbedaan apa  saja ? 

Terima kasih sebelumnya dan sesudah, Terimakasih mbak WIWIN.. Kediri..

Selamat malam Jawa Timur..

Begini mba, kalau kita menulis profil, itu hanya sebagian kecil riwayat dan pencapaian-pencapaiannya.

Tapi jika yang kita tulis adalah biografi, itu memuat secara lengkap tentang tokohnya yang terbagi dalam beberapa fase.

Ok. Terimakasih bunda Rali.. atas bantuannya, sehingga memperlancar kegiatan KBMN.. secara keseluruhan..

Okeh...Dari saya cuma berpesan..

Menulis tiada berbatas, dalam arti semua bisa menjadi tulisan yang bermanfaat

Namun walau tiada berbatas, dalam menulis harus tetap memperhatikan kode etik kepenulisan

Apalagi jika menulis di medsos atau media digital..

Yang pastinya jika tidak sesuai kode etik yang berlaku, akan mendapatkan peringatan, hujatan atau apalah itu.  Dan bukan saja dari pembaca saja, namun dari googlenya juga akan diperingatkan

Dan buat peserta KBMN.. mari tingkatkan potensi diri dalam menulis..

MELINTAS.ID siap mewadahi karya-karya nan apik dan akan maju bersama MELINTAS.ID..

Luar biasa, bunda Lely...

Terima kasih banyak untuk ilmu yang diberikan malam ini ,Mari kita beri applause kepada beliau

Bapak ibu hebat se nusantara., sampailah kita diakhir acara.

Semoga apa yang kita pelajari dimalam ini menjadi ilmu yang bermanfaat dan penuh berkah dan bisa kita praktikkan sehingga menjadi suatu karya nyata.

Tantangan  ke dua,  silahkan tulis biografi singkat orang-orang terkasih..Dari sana kita akan banyak belajar menghargai orang lain..

Insya Allih  akan kita jadikan buku kumpulan biografi, Jangan lewatkan kesempatan menghargai orang-orang tekasih dengan menulis biografi singkatnya, DITUNGGU, mohon dimaafkan karena banyak kekurangannya.

Manusia biasa pasti terbatas dan banyak salah, Mohon dimaafkan dengan ikhlas ya, semuanya saja.

Bapak ibu peserta KBMN Gelombang ke-30

Kita tidak perlu ragu untuk menulis apa pun yang kita mau, sebab setiap tulisan memiliki penikmatnya sendiri-sendiri.

Menulis mengajarkan kita bahwa yang terucap bisa saja kita lupakan. Namun, yang kita tuliskan akan selalu ada Bapak ibu..

Wassalamualaikum Wr Wb


Terima kasih



Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR SAMBIL REFRESHING BERSAMA AGP PGRI

MIE VIRAL

Menulis Setiap hari