Meninggalkan Jejak Dalam Menulis

 

Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

Pertemuan ke  : 27

Gelombang     : 30

Angkatan        : 28

Nara Sumber :  Rita Waati, S.Kom

Moderator      : Gina Dwi Septiani, M.Pd

Tema               : BERPRESTASI dan GO INTERNASIONAL BERKAH MENULIS




Assalamualaikum Wr Wb

 Alhamdulillah memasuki pertemuan yang ke 27 , Jangan biarkan mata ini terpejam sebelum aku selesai mengikuti tema yang sangat luar biasa , dipandu oleh moderator cantik Gina Dwi Septiani, M.Pd yang dengan semangat membuka kelas pada malam hari ini.
Setia orang tentu mengidamkan berprestasi dan sukses .

Sukses keluarga, sukses karir dan yang terakhir adalah sukses di dunia dan alam akhirat. 

Jalan untuk menuju kesuksesan beragam rupa. Tapi ada satu warna yang sama. Jalan untuk menuju prestasi dan kesuksesan tidaklah lurus dan bertabur bunga. 
Menanjak, menukik turunan terjal. Semua membutuhkan usaha berpeluh lelah. 

Kali ini kita akan mengibarkan bendera kesuksesan dan prestasi lewat jalan MENULIS

Fakta dari narasumber berbicara, bahwa menulis bisa menerbangkan prestasi beliau hingga go internasional.

Bagaimana caranya? 
Malam ini kita akan kupas habis menuju kesuksesan dari pintu menulis.  
Assalamu'alaikum wr.wb. Selamat malam Bapak dan Ibu hebat semuanya, Perkenalkan saya Gina Dwi Septiani sebagai moderator, yang akan membersamai Bapak dan Ibu semua dalam kelas belajar menulis malam ini. Izinkan saya memperkenalkan diri terlebih dahulu. Sebelum masuk Tim Solid, saya juga adalah salah satu Alumni Kelas Belajar Menulis Gelombang 27. Baiklah, sebelum kita mulai kelas belajar menulis ini. Marilah kita berdoa sesuai agama dan keyakinannya masing-masing. Sebelum kita persilakan narasumber hebat malam ini. Marilah kita membaca profil beliau berikut ini






Assalamualaikum wr wr.
Selamat malam salam sejahtera untuk Bpk/ibu guru hebat  di seluruh Indonesia yang telah bergabung di group menulis gelombang 30
Perkenalkan nama saya Rita Wati, M.Kom, Saya merupakan alumni Belajar Menulis bersama Om Jay  Gelombang 10.
Hari ini saya mendapatkan kehormatan kembali dari Om Jay  dan team Solid yang telah mengundang saya untuk menjadi narasumber.
Saya mulai menjadi narsum di group ini sejak gelombang ke 16, Bapak/ibu hari ini saya akan memberikan materi tentang " Berprestasi dan Go Internasional Berkah Menulis ".
Bpk/ibu sudah minggu ke 27 saya yakin Bpk/ibu sudah banyak mendapatkan materi tentang kepenulisan. memasuki gelombang  27 biasanya semangatnya sudah banyak yang pudar tapi tetap harus semangat agar segera lulus . Saya adalah guru biasa seperti Bpk/ibu yang mendapat tugas tambahan mengurusi dapodik sekolah dan kepala laboratorium., akan tetapi semenjak bergabung di KBM ini paradigma saya mulai berubah, saya mulai belajar menulis hingga menerbitkan buku tapi semenjak bergabung di kelas KBMN prestasi saya mulai muncul.
semenjak aktif di KBMN undangan sebagai narasumber pun mulai berdatangan, Alhamdulillah, awal   saya menulis karena memiliki cita-cita ingin menerbitkan buku sendiri , alhamdulillah cita-cita itu terwujud selesai belajar dari KBMN gelombang 10, saya berhasil menerbitkan buku 25 trik jitu menulis dan menerbitkan buku.
Itulah beberapa karya narasumber  yang luar biasa , selanjutnya kita masuk kepada materi yaitu  tentang menulis, Menulis mempunyai banyak manfaat diantaranya adalah :
> Meredakan stres
> Memecahkan masalah dengan lebih baik
> Menuangkan perasaan sesuai keinginan
> Memperbaiki suasana hati
> Meningkatkan daya ingat

Motivasi kita dalam menulis tentu akan beraneka ragam, dari motivasi tersebut saya mempunyai beberapa karya buku, yang kebanyakan berasal dari tantangan menulis. 
Berikut ini adalah tips dalam menulis yaitu:
> Menulislah topik yang disenangi
> Kuasai diri sendiri
> Tulis semua ide yang muncul
> Buat judul yang menarik
> Fokus pada topik pembahasan
> Perbanyak baca buku sejenis
> Sering sering berlatih
> Pilih diksi yang tepat
> Sisipi dengan perumpamaan
> Melakukan riset
> Ekspresi dan emosi di dalam tulisan.

 Setelah merambah ke kompetisi blog saya mulai mengikuti kompetisi lainnya sayembara video maupun video pembelajaran
 alhamdulillah minggu lalu saya menjadi pemenang sayembara video DTS Adarakarya 2023 yang diselenggarakan oleh BPSDM Kominfo Yogyakarta
 tidak menyangka dari sekian banyak peserta hanya 1 yang dipilih menjadi pemenang
Selain mengikuti kompetisi saya ulai merlirik beasiswa LPDP
Alhamdululah tahun 2022 saya menjadi peserta CS50x Harvard University
dan sekarang berkesempatan menjadi pendamoing peserta tahun 2023 yang SK nya langsung dari GTK Kmeendikbud
tahun 2022 dan 2023 saya juga bekesempatan menjadi peserta ALCoB Volunteer kerjsanama Kemendkbud dengan Kementrian Pendidikan Korea Selatan
 Semua tidak lepas dari pendaftaran kemudian pengisian essay
 berikuti ini tips dan trik menulis yang dapat saya bagikan.

Selanjutnya adalah sesi tanya jawab
Sudah ada 1 pertanyaan yang masuk silakan yang mau bertanya boleh japri saya
 P1
Bismillah.
Saya Rosjida, peserta KBMN ingin bertanya :
Saya pernah mendapatkan tawaran menulis buku di suatu penerbit mayor dengan tema yg sudah dipilihkan dan terus terang saya jauh dari kata menguasai bidang/tema penulisan tersebut. Trus ada bbrp teman yg berkata bahwa gampang sih, tinggal pake AI, copas  jadi deh.
Bagaimana pendapat bu Rita tentang penulisan buku pakai AI?
Layakkah?
Apakah nantinya tidak dicek penggunaan AI dalam tulisan kita?
Dan bgmn secara moral kita sbg penulis yg membuat buku tetapi jauh dari kata menguasai?
Makasih byk bu Rita, Mbak Gina

Salam kenal Bu Rosida ketika kita mendapat tawaran alhamdulillah berati kita sudah di anggap mumpuni. AI memang sedang merajalela seorang penulis sejatinya jika ingin dianggap karya tulisan itu miliknya maka harus ditulis sendiri dengan berbagai referensi dan research yang dilakukan. untuk pemanfaatan AI jika digunakan sebagai pemancing ide it's ok tapi jika untuk dipakai secara keseluruhan tentu saja menyalahi aturan.

 P2
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh izin bertanya Ibu saya atin dari Serang- Banten

1) Bagaimana membuat ide diisi kepala menjadi sebuah tulisan yang indah dan bermakna dan dapat dipahami oleh pembaca terkadang ide banyak namun sulit untuk rangakai dan diungkapkan dengan kata-kata? 

2) Izin punten jika berkenan darimana ibu dapat info lomba yang ibu ikuti misalnya kompetensi blog dan lain-lain yang tadi saya simak luar biasa semuanya 

3) Dari semua kegiatan yang ibu lakukan tentang mengatur waktu di pekerjaan Bagaimana menselaraskan antara waktu di rumah kerjaan dan hobi agar semuanya dapat dilakukan dengan baik? 

Hatur nuhun sebelumnya ibu  Sebelum saya bertanya boleh dijawab dulu pertanyaan ini bun🙏🏻
 1. Untuk membuat ide yang indah itu  harus rajin membaca, seraching referensi dan research kemudian menulislah mengalir apa adanya kemudian jika selesai baca berulang dan ;lakukan editing
2 untuk lomba blog ibu bisa searching di google contoh lomba blog bulan desember 2023 atau search di ig atau fb
manajemen waktu yang bisa mengatur hanya kita sendiri bu tahun lalu saya mengikuti cs50 harvard  kelas malam , sore saya kuliah s2  dan pagi sampai siang saya mengajar dengan segala tugas tambahan alhamdulillah semua dapat terselesaikan dengan baik dan berkesempatan menjadi wisudawati terbaik jenjang, 50 lulus dengan with honor . pointnya dahulukan yang utama

 P3
assalamu'alaikum, perkenalkan saya endang dari kutim.. mohon ijin bertanya : adakah rasa takut atau keraguan saat memperkenalkan karya Anda kepada audiens global yang lebih luas? jika ada, bagaimana Anda mengelola atau mengatasi hal tersebut? terima kasWalaikumussalam wr.wb salam kenal bu Endnag awal menulis saya malu meperlihatkan tulisan saya jangankan sama audiense global sama keluarga sendiri atau temen sendiri saya malu. tapi semnjak saya ikut KBMN selalu sharing tulisan malu itu hilang dengan sendirinya

 P4
Rosjida
Mbak Gina, apakah boleh sy bertanya lagi ke bu Rita?
Ingin menanyakan ttg royalti buku dari penerbit mayor.
Royalti diberikan jika buku kita laku berapa eksemplar?
Bagaimana jika buku kita kurang laku dan penerbit rugi?
Makasih.

Baik Bu, untuk royalti itu sudah ada perjanjian dengan penerbit. dan kapan diberikan royalti tergantung dari penjualan buku kita. jika tidak laku kita tidak memiliki tanggungjawab mengganti kerugian hanya sayja kita tdak mendapatkan royalti
Saya sangat kagum melihat buku ini bun, bagaimana tahap awal hingga akhir untuk menulis biografi ini. Siapa tahu saya bisa menulis buku seperti ini juga 
Semua itu berkah dari menulis dan menjadi narasumber sehingga saya diperkenalkan sama beliau dan jadilah buku ini ceritanya luar biasa saya sebagai penulis kagum dengan kegigihan beliau.

Beliau orang penting dan sibuk tentu tidak gampang bertemu dan memiliki waktu banyak
solusinya saya adakan wawancara melalui z Alhamdulillah Terima kasih atas jawabannya bun
Materi luar biasa dan banyak pengalaman menarik yang dibagikan oleh Bu RitaSemoga bisa menginspirasi Bapak/Ibu peserta semuanya dan mengikuti jejak baik di masa depan.

Selamat malam Ibu. Saya Bu Tiwi guru TK dari Bali.
Sangat Kagum dengan prestasi Beliau. Beliau Editor di Buku2 Antologi bersama Ibu Kanjeng. Seiring berjalannya waktu.
Wow...Prestasi Beliau sangat Luar Biasa. Sangat menginspirasi.
Terima kasih Bunda Rita.
Tetap Semangat Berbagi.
Semoga semakin Sukses. Terimakasih Bu Tiwi salam sukses juga untuk ibu, baiklah, karena sudah tidak ada lagi pertanyaan. Langsung saja Bu Rita menyampaikan pesan penutup untuk materi malam ini.
Wassalamualaikum Wr Wb.






















Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR SAMBIL REFRESHING BERSAMA AGP PGRI

MIE VIRAL

Menulis Setiap hari